Thursday, November 27, 2014

TUGAS PKN SISTEM PEMERINTAHAN AFRIKA SELATAN DAN AUSTRALIA



SISTEM PEMERINTAHAN AFRIKA SELATAN

Afrika selatan menerapkan sistem politik demokrasi anti-apartheid. Bentuk negara Afrika Selatan adalah kesatuan dan bentuk pemerintahan republik. Sistem pemerintahan di Afrika Selatan adalah presidensial. Parlemen di Afrika Selatan terdiri dari dua bagian, yaitu majelis nasional dan dewan nasional provinsi. Setiap Provinsi di Afrika Selatan mempunyai satu penggubal undang-undang negeri dan Majelis Eksekutif yang diketuai oleh seorang Perdana Menteri atau “Premier”.
A.  Ciri-ciri Sistem Pemerintahan Afrika Selatan secara umum
1.      Setiap Provinsi di Afrika Selatan mempunyai satu penggubal undang-undang negeri.
2.      Majelis Eksekutif yang diketuai oleh seorang Perdana Menteri atau “Premier”.
3.      Sistem pemerintahan Afrika Selatan adalah Presidensil
4.      Bentuk negara Afrika Selatan adalah kesatuan

5.      Bentuk pemerintahan Afrika Selatan adalah Republik
6.      Presiden Afrika Selatan memiliki 2 jabatan yaitu sebagai kepala negara dan kepala penerintah.
7.      Presiden dipilih sewaktu Majelis Nasional (National Assembly) dan Majelis Provinsi-provinsi Nasional (National Council of Provinces) bergabung.
·         National Assembly mempunyai 400 anggota yang dipilih melalui pemilu secara perwakilan proporsional. National Council of Provinces, yang telah menggantikan Senat pada 1997, terdiri dari 90 anggota yang mewakili setiap 9 provinsi termasuk kota-kota besar di Afrika Selatan.
8.      Presiden adalah pemimpin partai mayoritas di Parlemen.
9.      Di Afrika Selatan pemilu diadakan setiap 5 tahun dan setiap rakyat berusia 18 tahun ke atas diwajibkan untuk ikut.
·         Pemilu terakhir ialah pada April 2004, di mana partai ANC berhasil memenangkan 69,68% kursi di parlemen. Partai ini bersama Partai Kebebasan Inkatha (6,97%) telah membentuk aliansi pemerintahan. Partai-partai oposisi utama termasuk Aliasi Demokrat (12,37%), Gerakan Demokratik Bersatu atau UDM (2,28%), Demokrat Bebas atau ID (1,73%), Partai Nasional Baru atau NNP (1,65%) dan Partai Demokratik Kristen Afrika atau ACDP (1,6%).
10.  Parlemen di Afrika Selatan terdiri dari dua bagian, yaitu majelis nasional dan dewan nasional provinsi.
·         Majelis Nasional adalah majelis rendah dari Parlemen Afrika Selatan, yang terletak di Cape Town, Western Cape Propinsi. Ini terdiri dari tidak kurang dari 350 dan tidak lebihy dari 400 anggota. Hal ini dipilih setiap lima tahun menggunakan daftar partai perwakilan proporsional sistem, dimana setengah dari anggotanya dipilih secara proporsional dari 9 daftar provinsi sisa separuh dari daftar nasional untuk memulihkan proporsionalitas. Majelis Nasional dipimpin oleh seorang ketua, dibantu oleh wakil ketua.
11.  Dewan Nasional Provinsi adalah dewan pemerintahan yang berada ditingkat provinsi.
12.  Afrika Selatan menggunakan Kabinet Presidensial. Dimana Kabinet Presidensial adalah suatu kabinet yang pertanggungjawaban atas kebijaksanaan pemerintah dipegang oleh Presiden. Presiden merangkap jabatan sebagai kepala pemerintah, sehingga para menteri tidak bertanggungjawab kepada parlemen/DPR, melainkan kepada Presiden.

B.    Perbedaan Sistem Pemerintahan Indonesia dengan negara kawasan Afrika Selatan
No.
Kategori
Indonesia
Afrika Selatan
1
Bentuk negara
Kesatuan dengan otonomi luas.
Kesatuan dengan 9 provinsi.
2
Bentuk Pemerintahan
Republik.
Republik.
3
Sistem Pemerintahan
Presidensial untuk masa jabatan 5 tahun.
Presidensial untuk masa jabatan 5 tahun.
4
Eksekutif
Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Dipilih langsung oleh rakyat.
Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Dipilih oleh Majelis Nasional.
5
Legislatif atau Parlemen
Bikameral, yaitu DPR dan DPD. Anggota DPR dan DPD menjadi anggota MPR.
Bikameral terdiri dari Majelis Nasional dan Dewan Nasional Provinsi.
6
Yudikatif
Mahkamah Agung, badan peradilan dibawahnya, dan Mahkamah Konstitusi .
Constitutional Court dan Spreme Court.



C.  Persamaan Indonesia dengan Afrika Selatan
1.      Persamaan Lambang Negara Persamaan Lambang Negara Antara Indonesia dan Afrika Selatan terletak pada Bentuk Dasarnya, yaitu sama-sama berbentuk burung yang kepalanya sama-sama menghadap ke kanan serta burungnya sama-sama memiliki jambul dibelakang kepalanya.
2.      Persamaan Semboyan Negara Semboyan Negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika, sedangkan Semboyan Negara Afrika Selatan adalah Ike E Xarra Ike. lepas dari persamaan Ika dan Ike, kedua semboyan negara ini memiliki arti yang sama, yaitu sama-sama Walau Berbeda-beda tapi Tetap Satu alias Unity in Diversity.
3.      Persamaan Kedudukan Regional Berdasarkan Pendapatan Negara atau GDP, Di Asia Tenggara Indonesia merupakan negara terkaya. Indonesia juga merupakan pemimpin ASEAN dimana sekretariat ASEAN berada di Indonesia. sama-sama halnya dengan Afrika Selatan, di Afrika sana, Afrika Selatan merupakan negara terkaya dan African Union atau Uni Afrika, berpusat di Afrika Selatan.
4.      Pemerintahannya sama-sama Republik Presidensial.
5.      Afrika Selatan merdeka karena terispirasi oleh kemerdekaan Indonesia Presiden Afsel terdahulu, Mandela pernah berkunjung ke Indonesia sebanyak 2x, begitu juga Presiden Soeharto yang pernah berkunjung ke Afsel sebanyak 2x.

D.  Kelebihan Indonesia terhadap Afrika Selatan
1.      Penyusun program kerja kabinet lebih mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa Presiden yang dipilih rakyat memimpin pemerintahan dan mengangkat pejabat-pejabat pemerintahan terkait
2.      Pemerintah dapat leluasa karena tidak ada bayang-bayang krisis cabinet
3.      Presiden dengan dewan perwakilan memiliki masa jabatan yang sama, sehingga tidak bisa saling menjatuhkan
4.      Menteri tidak dapat dijatuhkan parlemen karena bertanggungjawab pada presiden
5.      Masa jabatan eksekutif lebih pasti, dengan jangka waktu tertentu
6.      Tidak ada status tumpang tindih antara badan eksekutif dan legislative
7.      Badan ekskutif lebih stabil karena  tidak bergantung pada parlemen
8.      jabatannya
9.      Kedaulatan rakyat berdasar UUD
10.  Lebih demokratis
11.  Demokrasi Indonesia yang sebenarnya
12.  Legislatif dapat diisi oleh orang luar termasuk anggota parlemen sendiri
13.  Tidak menganut diskriminasi
14.  Tidak membeda – bedakan sesama manusia



SISTEM PEMERINTAHAN AUSTRALIA
Sistem pemerintahan Australia dibangun di atas tradisi demokrasi liberal. Berdasarkan nilai-nilai toleransi beragama, kebebasan berbicara dan berserikat, dan supremasi hukum, lembaga-lembaga Australia dan praktik-praktik pemerintahannya mencerminkan model Inggris dan Amerika Utara. Pada saat yang sama, mereka khas Australia.
A.    Ciri-ciri Sistem Pemerintahan Australia
1.      Australia mewarisi tradisi pemilu dari Inggris yang mencakup hak pilih terbatas dan pemungutan suara umum dan ganda
2.      Pemerintah Australia didasarkan pada parlemen yang dipilih secara populer dengan dua majelis yaitu Dewan Perwakilan dan Senat. 
3.      Para menteri yang diangkat dari Dewan Perwakilan dan senat ini menjalankan fungsi eksekutif, dan keputusan kebijakan dibuat dalam rapat-rapat Kabinet. Selain pengumuman keputusan, diskusi Kabinet tidak disebarluaskan. Para menteri terikat oleh prinsip solidaritas Kabinet, yang sangat mencerminkan model Inggris yakni Kabinet bertanggungjawab kepada parlemen. 
4.      Ratu Elizabeth II dari Inggris secara resmi juga merupakan Ratu Australia. Ratu menunjuk Gubernur Jenderal (atas saran dari Pemerintah Australia terpilih) untuk mewakilinya.
5.      Gubernur Jenderal memiliki kekuasaan yang luas, tetapi berdasarkan konvensi hanya bertindak atas saran para menteri dalam hampir semua urusan.
6.      Australia memiliki undangundang dasar tertulis. UUD Australia merumuskan tanggung jawab pemerintah federal, yang mencakup hubungan luar negeri, perdagangan, pertahanan dan imigrasi.
7.      Pemerintah negara bagian dan teritori bertanggungjawab atas semua urusan yang tidak dilimpahkan kepada Persemakmuran, dan mereka juga mematuhi prinsip pemerintah yang bertanggungjawab
8.      Di negara bagian, Ratu diwakili oleh seorang Gubernur untuk setiap negara bagian. 
9.      Pengadilan Tinggi Australia menangani sengketa antara Persemakmuran dan negara bagian. Banyak keputusan pengadilan memperluas kekuasaan dan tanggung jawab konstitusional pemerintah federal. 
10.  UUD Australia hanya dapat diubah dengan persetujuan pemilih melalui suatu referendum nasional.
·         Rancangan undang-undang yang berisi amandemen pertama-tama harus disahkan oleh kedua majelis parlemen tersebut atau, dalam situasi tertentu saja, hanya oleh salah satu majelis parlemen. Setiap perubahan UUD harus disetujui oleh mayoritas ganda – mayoritas pemilih nasional dan mayoritas pemilih di mayoritas negara bagian (sekurangnya empat dari enam negara bagian). Jika satu atau bebeberapa negara bagian tertentu terkena dampak isi referendum tersebut, mayoritas pemilih di negara-negara bagian tersebut juga harus menyetujui perubahan tersebut. Ini sering disebut dengan kaidah ‘tiga mayoritas’. Ketentuan mayoritas ganda membuat perubahan UUD menjadi sulit. Sejak federasi berdiri pada 1901, hanya delapan dari 44 usulan amandemen UUD yang disetujui. 

11.  UUD Australia menjabarkan kekuasaan pemerintah dalam tiga bagian – legislatif, eksekutif dan yudikatif – tetapi menegaskan bahwa anggota legislatif harus juga anggota eksekutif. Pada kenyataannya, parlemen mendelegasikan wewenang penyusunan undang-undang yang luas kepada eksekutif. 
12.  Pemerintah dibentuk di Dewan Perwakilan Rakyat oleh partai yang mampu meraih mayoritas di majelis tersebut. 
13.  Partai minoritas seringkali menjadi penyeimbang kekuasaan di Senat, yang berfungsi sebagai majelis kaji ulang keputusan-keputusan pemerintah. Para senator dipilih untuk masa bakti enam tahun, dan dalam satu pemilihan umum biasa hanya separuh senator yang menghadapi pemilih.
14.  Pemilihan umum nasional harus diselenggarakan dalam jangka waktu tiga tahun sejak sidang pertama parlemen federal yang baru. Masa bakti rata-rata parlemen sekitar dua setengah tahun. Pada praktiknya, pemilihan umum diadakan ketika Gubernur Jenderal menyetujui permintaan dari Perdana Menteri, yang memilih tanggal pemilihan umum.
15.  Australia memiliki sistem resmi pendaftaran partai dan pelaporan kegiatan partai melalui Komisi Pemilihan Australia dan komisi setara di tingkat negara bagian dan teritori.
16.  Parlemen negara bagian tunduk kepada UUD nasional dan konstitusi negara bagian. Hukum federal mengalahkan hukum negara bagian yang tidak selaras dengannya. 
17.  Dewan Pemerintahan Australia (COAG) terdiri dari perdana menteri, perdana menteri negara bagian, ketua menteri teritori, dan presiden Asosiasi Pemerintah Daerah Australia. 
18.  Dewan menteri terdiri dari menteri nasional, negara bagian dan teritori, dan bila relevan, perwakilan pemerintah daerah dan pemerintah Selandia Baru dan Papua Nugini.

B.    Perbedaan dan Persamaan Indonesia dengan Australia
No.
Keterangan
Sistem Pemerintahan Indonesia
Sistem Pemerintahan Australia
1.
Bentuk negara
Kesatuan dengan otonomi luas
federasi
2.
Bentuk pemerintahan
Republik
monarki konstitutional
3.
Sistem pemerintahan
Pesidensial untuk masa jabatan 5 tahun
parlementer
4.
Eksekutif
Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan yang dipilih langsung oleh rakyat
menteri yang diangkat oleh parlemen
5.
Legislatif atau parlemen
Bikameral, yaitu DPR dan DPD. Anggota DPR dan DPD menjadi anggota MPR
terdiri dari gubernur jendral,dewan perwakilan dan senat
6.
Yudikatif
Mahkamah Agung, badan peradilan dibawahnya, dan Mahkamah Konstitusi
Mahkamah agung australia dan pengadilan lainnya
7.
Konstitusi
Tertulis
Tertulis
8.
Pemilihan anggota legislatif
5 tahun sekali
3 tahun sekali
9.
Masa jabatan legislatif
DPR : 5 tahun
Senat : 6 tahun
10.
Pertanggung jawaban
Menteri bertanggung jawab pada presiden
Menteri bertanggung jawab pada parlemen










C.    Kelebihan Indonesia terhadap Australia dan Afrika Selatan
1.      Presiden yang dipilih rakyat memimpin pemerintahan dan mengangkat pejabat-pejabat pemerintahan terkait
2.      Presiden dengan dewan perwakilan memiliki masa jabatan yang sama, sehingga tidak bisa saling menjatuhkan
3.      Tidak ada status tumpang tindih antara badan eksekutif dan legislative
4.      Badan ekskutif lebih stabil karena  tidak bergantung pada parlemen
5.      Menteri tidak dapat dijatuhkan parlemen karena bertanggungjawab pada presiden
6.      Pemerintah dapat leluasa karena tidak ada bayang-bayang krisis cabinet
7.      Legislatif dapat diisi oleh orang luar termasuk anggota parlemen sendiri
8.      Masa jabatan eksekutif lebih pasti, dengan jangka waktu tertentu
9.      Penyusun program kerja kabinet lebih mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatannya




SOAL PKn SP AFRIKA SELATAN DAN AUSTRALIA

1.      Sistem politik demokrasi Afrika Selatan adalah . . .
a.      anti-apartheid
b.      musyawarah
c.       apartis
d.      komunis
e.       otodidak
2.      Bentuk pemerintah Afrika Selatan adalah . . .
a.       Serikat
b.      Republik
c.       Monarki
d.      Kesultanan
e.       Kerajaan
3.      Setiap Provinsi di Afrika Selatan mempunyai satu penggubal undang-undang negeri dan Majelis Eksekutif yang diketuai oleh seorang . . .
a.       Kepala negara
b.      Kepala pemerintah
c.       Perdana menteri
d.      Senat
e.       Kabinet
4.      Presiden Afrika Selatan memegang jabatan sebagai . . .
a.       Kepala negara
b.      Kepala senat
c.       Kepala pemerintah dan kepala senat
d.      Ketua eksekutif
e.       Kepala negara dan kepala pemerintah
5.      Ia dipilih sewaktu Majelis Nasional (National Assembly) dan Majelis Provinsi-provinsi Nasional (National Council of Provinces) bergabung. National Assembly mempunyai . . . anggota
a.       100
b.      200
c.       350
d.      400
e.       500
6.      Di Afrika Selatan pemilu masa jabatan sampai . . . tahun
a.       6 tahun
b.      3 tahun
c.       5 tahun
d.      8 tahun
e.       9tahun
7.      Perbedaan Indonesia dengan Afrika Selatan pada bentuk negaranya adalah kesatuan dengan otonomi yang luas, sedangkan di Afrika Selatan adalah kesatuan dengan . . .
a.       Otonomi yang sempit
b.      9 Provinsi
c.       8 Provinsi
d.      1 negara
e.       2 negara
8.      Perbedaan Indonesia dengan Afrika Selatan adalah Indonesia Presiden dipilih oleh rakyat, sedangkan Afrika Selatan dipilih oleh . . .
a.      Majelis Nasional
b.      Rakyat
c.       Senat
d.      Kabinet
e.       Parlemen
9.      Bikameral Afrika Selatan adalah Majelis Nasional dan . . .
a.       DPR
b.      MA
c.       DPD
d.      Dewan Nasional Provinsi
e.       MPR
10.  Badan Yudikatif Afrika Selatan adalah . . .
a.      Constitutional Court dan Spreme Court.
b.       Mahkamah Agung
c.       Mahkamah Konstitusi
d.      DPR
e.       DPD
f.       MPR
11.  Sumber hukum  negara Australia  salah satunya berasal dari....
a.       Tetapan presiden
b.      Keputusan presiden
c.       Keputusan parlemen
d.      Keputusan rakyat
e.       Keputusan hakim
12.  Afrika selatan menganut sistem Kabinet Presidensil yaitu....
a.      Presiden merangkap sebagai kepala negara dan pemerintahan
b.      Menteri bertanggung jawab kepada parlemen/DPR
c.       Menteri tidak bertanggung jawab kepada presiden
d.      Presiden bertanggung jawab pada parlemen
e.       Presiden bertanggung jawab pada senat
13.   Pemerintah Australia didasarkan pada parlemen dengan dua majelis,  yaitu....
a.       Majelis nasional dan Senat
b.      Majelis perwakilan dan Dewan nasional
c.       Majelis perwakilan dan Dewan Internasional
d.      Dewan perwakilan dan Dewan nasional
e.       Dewan perwakilan dan Senat
14.  UUD Australia hanya dapat diubah dengan....
a.       Persetujuan presiden
b.      Persetujuan parlemen
c.       Persetujuan senat
d.      Persetujuan pemilu
e.       Persetujuan ratu
17.  Para menteri Australia berprinsip bahwa solidaritas Kabinet yakni....
a.       Kabinet bertanggung jawab kepada presiden
b.      Presiden bertanggung jawab kepada parlemen
c.       Parlemen bertanggung jawab kepada presiden
d.      Kabinet bertanggung jawab kepada parlemen
e.       Parlemen bertanggung jawab kepada kebinet
18.  Parlemen Australia menggunakan sistem....
a.       Monokameral
b.      Bikameral
c.       Multikameral
d.      Campuran
e.       Parlementer
19.  Australia menjalankan sistem parlementer dengan kekuasaan kepala negara dan pemerintahan terpisah. Kepala negara Australia dijabat oleh....
a.       Raja
b.      Kaisar
c.       Presiden
d.      Gubernur Jenderal
e.       Perdana Menteri
20.  Setiap negara bagian di Australia diwakili 12 senator yang masa jabatannya ...  tahun
a.       8
b.      7
c.       6
d.      5
e.       4
21.  Australia memiliki parlemen yang bikameral terdiri dari senat yang berisi ... senator
a.       100
b.      90
c.       310
d.      400
e.       76
22.  Pemilihan anggota parlemen hanya setengah dari kursi senat yang diperebutkan dan diadakan …. tahun sekali
a.       3
b.      4
c.       5
d.      2
e.       6
23.  Sistem pemerintahan Australia adalah ….
a.       Presidensial
b.      Parlementer
c.       Komunis
d.      Monarkhi
e.       Republic
24.  Berikut ini yang termasuk badan eksekutif negara Australia adalah ….
a.       Presiden
b.      Gubernur jendral
c.       Menteri
d.      Parlemen
e.       Sultan
25.  Parlemen Australia yang terdiri atas gubernur jenderal, senat, dan ….
a.       Majelis
b.      Dewan Perwakilan
c.       Majelis daerah
d.      Dewan nasional
e.       Majelis nasional




 

No comments:

Post a Comment